Sabtu, 04 Juli 2009

FOTO STUDIO...Usaha yang menguntungkan

Usaha yang menguntungkan ?
Yaa.. Selain untuk dokumentasi dan administrasi, foto juga menjadi salah satu sarana hiburan karena membanjirnya handphone dan gadget lain yang berkamera, upload foto di facebook dan lain sebagainya.
Disaat musim pendaftaran tak sedikit keuntungan yang diraih pengusaha foto studio, terlebih yang mempunyai keunggulan foto cetak cepat atau langsung jadi ( bukan kamera polaroid seperti di tempat wisata )
Sebagai contoh, untuk foto ukuran 3 x 4 dengan harga perlembar Rp. 1000,- biasanya studio foto memperoleh keuntungan Rp.600,- per lembarnya. Keuntungan ini tentunya bisa berlipat ganda bila kita jeli memanfaatkan kertas dan jenis printer yang baik.
Penggunaan software seperti adobe photoshop juga berpengaruh dalam hal hasil cetak dan efisiensi cetak, karena beberapa software yang kami coba ternyata agak memusingkan dan tak semudah menggunakan photoshop.
Untuk modal awal pun sebenarnya tak terlalu mahal, menurut hitungan kasar sih sekitar Rp.15 Jutaan alatnya sudah bisa komplit. Tapi kalau kemahalan, yaa cukuplah :
- Skill yang baik,
- Perangkat CPU dengan kartu grafis yang bagus,
- Kamera digital pocket/DSLR/SLR,
- Printer minimal 4800 dpi/2pl dengan cartridge asli ( tinta suntik hasilnya cepat luntur )
- Studio minimal 3 x 5 meter,
- Plus perangkat pendukung seperti modem bluetooth, infra red, card reader,
sepertinya sudah bisa action dan mendulang uang dari bisnis studio foto.
Nah... penasaran ??
Tunggu tips dan triknya di edisi berikutnya.
Selamat Mencoba