Rabu, 12 Agustus 2009

MERUBAH GAMBAR LATAR BELAKANG FOTO




Terkadang kita merasa bosan dengan tampilan foto dengan latar belakang kain ataupun berlatar belakang pemandangan atau malahan berlatar dinding rumah. Kali ini kami akan menyajikan tips ringkas dan praktis mengganti latar belakang foto dengan gambar yang berbeda.
1. Luncurkan adobe Photoshop
2. Klik kiri dobel pada tampilan layar untuk membuka file ( atau klik FILE - OPEN )
3. Pilih foto yang akan kita edit dan gambar latarnya.



4. Pilih eraser tool ( penghapus ) pada tool box. Ada 3 pilihan Eraser pilih saja Magic Eraser Tool kemudian klik ke bagian gambar atau latar yang akan dihapus.
Penting :
- Ketika memilih icon Eraser, akan muncul di bagian kiri atas kolom Tolerance dan opacity. masukkan angka misalnya 30 pada kotak Tolerance dan 100 % pada opacity. Semakin besar angka pada Tolerance maka semakin luas bagian yang terhapus.
- Untuk detil penghapusan gunakan Eraser tool, pilih jenis dan ukuran brushes yang terletak di kolom kiri atas.sebaiknya klik CTRL + + untuk men Zoom layar menjadi besar atau CTRL + - untuk zoom kecil layar.
Atau gunakan roller pada mouse.
- Klik icon Magic Wand dari toolbox dan klik pada layar yang telah dihapus. Bila garis putus-putus hanya mengitari bagian tubuh objek foto, maka itu berarti objek telah bersih, namun bila masih ada bagian yang belum terhapus maka akan terlihat seperti bercak - bercak. pilih CTRL + D untuk mematikan magic wand kemudian hapus kembali bagian yang masih berbercak tadi.

5.Sekarang, pilih icon Move Tool dari toolbox,arahkan pada bagian tengah objek, kemudian Klik kiri dan tahan kemudian geser ke bagian gambar latar.
6. Atur posisi objek, di kanan, kiri atau di tengah sesuai selera anda.
O, yaa..biasanya ukuran foto kita dengan gambar latarnya berbeda, anda bisa memperkecil atau memperbesar foto kita yang ada pada gambar latar dengan memilih ikon Move Tool kemudian arahkan mouse pada sudut kanan foto, klik sambil menekan tombol SHIFT, geser kebawah atau ke atas untuk membesarkan atau mengecilkan objek agar terlihat sesuai dengan gambar latarnya.

INGAT : PRACTICE MAKES PERFECT, seringlah melatih diri untuk menghapus objek secara detail.
Bila anda ingin menyimpan sementara file anda ingatlah untuk menyimpannya dengan format *Psd. Dan save dengan format *JPEG bila gambar telah anda anggap selesai.
Cobalah memindahkan dan menggabungkan gambar yang lain, semakin mahir anda, maka peluang untuk membuka usaha image designer akan semakin terbuka. Pamerkan hasil karya anda di facebook,Friendster,mading sekolah atau pada tampilan desktop komputer anda.
Selamat Mencoba.