Kamis, 21 Januari 2010

TIPS MENJARING PELANGGAN

Tips berikut adalah beberapa pengalaman kami selama menekuni usaha studio foto digital, hasilnya tentu berbeda – beda namun Alhamdulillah kreativitas manusia tak akan ada habisnya, yang penting kita mau dan giat berusaha. Contohnya adalah :

1. Buatlah beberapa sample product dengan memotret anak sekolah.
Dalam satu kelas biasanya terdiri dari siswa dengan tempat tinggal yang berbeda, ada yang
tinggal di daerah A, daerah B, dan sebagainya. Sehingga informasi mengenai keberadaan
studio foto kita dapat langsung menyebar di daerah tempat tinggal para siswa tersebut.
2. Rekrutlah Calo Foto
Tenaga humas atau kita istilahkan calo foto, mempunyai tugas memamerkan foto kepada
teman-temannya, atau berpura – pura minta teman-temannya mengantarkan dia untuk
berfoto di studio kita.Jangan lupa beri komisi atau diskon buat usahanya tersebut.
3. Agak narsis dan pamer kemampuan
Yah, terkadang kita harus banyak bicara ketika bekerja menunjukkan kemampuan kita
dalam mengolah software ataupun menunjukkan ilmu komputer yang kita miliki. Tujuannya
adalah meyakinkan pelanggan bahwa mereka datang ke tempat dan orang yang benar, Bagi
pula ilmu anda kepada pelanggan yang agak tertarik mempelajari program seperti
photoshop.
4. Penampilan
Usahakan berpakaian yang rapi dan bersih, tidak kucel sehingga membuat orang tidak
yakin akan kemampuan kita.
5. Adakan survey kecil-kecilan
Dengan mengadakan survey mengenai kepuasan pelanggan, kita bisa tahu kelebihan dan
kekurangan kita untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi, tanyakan pula kondisi studio
lain sebagai bahan perbandingan.
6. Banyak membaca buku
Bacalah banyak buku mengenai computer, marketing, agama dan sebagainya, taruh di
studio anda, sehingga orang akan menganggap anda adalah orang yang berwawasan luas,
dan asyik diajak ngobrol mengenai apa saja. Sesekali putarlah kaset – kaset marketing.
7. Diferensiasi / Faktor Pembeda
Ketika semakin banyak studio foto menjadi saingan anda, kreatiflah dan buat diferensiasi
dengan ciri khas yang membedakan studio anda dengan studio foto lain.

Tentunya kualitas foto dan pelayanan menjadi prioritas utama. Rawat dan jagalah pelanggan anda karena pelanggan adalah raja, kepuasan raja ditangan anda.
Semoga sukses