Selasa, 04 Mei 2010

Tips Mengurangi Radiasi Ponsel

Efek radiasi ponsel terhadap kesehatan memang masih menjadi perdebatan. Beberapa penelitian menyatakan, radiasi ponsel dapat merangsang timbulnya gangguan kesehatan seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, penurunan fungsi syaraf, dan kanker.

Memang masih diperlukan penelitian panjang untuk membuktikan adanya efek radiasi ponsel itu. Namun, tidak adasalahnya mengetahui cara penggunaan ponsel untuk mengurangi efek radiasi. Berikut beberapa tips penggunaan ponsel yang mungkin berguna untuk mengurangi radiasi ponsel:

1. Gunakan Handsfree
Semakin jauh jarak antara tubuh dengan ponsel berarti semakin sedikit radiasi yang diterima. Penggunaan handsfree adalah cara termudah untuk mengurangi efek radiasi ketika sedang melakukan panggilan atau menerima telepon.
Jika harus melakukan pangilan tanpa handsfree, tunggu hingga panggilan terkoneksi ke operator sebelum menempelkan ponsel ke telinga. Saat ini terdapat handsfree jenis air tube yang menggunakan tabung hampa udara untuk mengirimkan suara dari speaker ke telinga. Handsfree jenis ini tidak menggunakan konduktor logam sehingga mampu mengurangi radiasi lebih besar dibandingkan handsfree biasa.

2. Pegang di Bagian Bawah Ponsel
Ketika sedang berbicara melalui ponsel usahakan tidak memegang seluruh bagian ponsel. Memegang seluruh bagian ponsel, kemampuan ponsel untuk mengirim dan menerima signal akan berkurang. Ponsel kemudian akan menambah power untuk menstabilkan penerimaan maupun pengiriman signal.
Semakin besar power yang digunakan, maka semakin besar pula radiasi yang dipancarkan. Usahakan untuk memegang telepon di bagian bawahnya, sehingga tidak menghalangi kemampuan ponsel dalam menerima atau mengirim signal. Ponsel akan beroperasi dengan power yang rendah.

3. Pilih Lokasi yang Tepat untuk Menelepon
Pilih lokasi di mana ponsel dapat menerima signal dengan bagus. Ketika ponsel dapat menerima signal dengan bagus, maka ponsel akan beroperasi dengan power dan radiasi yang rendah.
Sebaliknya jika penerimaan sisnal kurang bagus, maka ponsel akan beroperasi dengan power dan memancarkan radiasi yang tinggi. Ruangan tertutup seperti dalam mobil bukanlah tempat yang tepat untuk menggunakan ponsel. Hindari tempat-tempat tertutup terutama ruangan yang didominasi bahan baja atau logam.
Bahan logam atau baja dapat bertindak seperti sangkar faraday yang membuat radiasi memantul kembali ke pengguna. Selain itu hindari pula lokasi dimana banyak terdapat perangkat elektronik seperti rumah sakit atau bandara.

4. Batasi Waktu Pembicaraan
Hindari pembicaraan yang panjang menggunakan ponsel. Sebuah penelitian menyimpulkan, dua menit panggilan menggunakan ponsel dapat mempengaruhi aktivitas listrik alami otak hingga satu jam kemudian. Semakin lama melakukan panggilan, maka semakin lama intensitas radiasi yang diterima. Untuk melakukan pemicaraan yang lama, akan lebih aman (dan murah) bila menggunakan telepon rumah.

5. Batasi Penggunaan Ponsel untuk Anak
Jangan biarkan anak-anak untuk menelepon menggunakan ponsel dalam waktu yang lama. Karena masih dalam masa pertumbuhan, maka anak-anak lebih rentan terhadap radiasi dibadingkan orang dewasa.

6. Hindari Menyimpan Ponsel dalam Saku Celana
Jaringan tubuh di daerah tubuh bagian bawah disinyalir merupakan konduktor yang baik dan mampu menyerap radiasi dengan lebih cepat daripada kepala. Sebuah studi menyatakan bahwa pria yang menyimpan ponsel di dekat pangkal paha dapat mengalami penurunan jumlah sperma hingga 30 persen. Untuk itu hindari menyimpan ponsel di saku celana atau ikat pinggang ketika ponsel sedang digunakan.


7. Specific Absorption Rate
Setiap ponsel memiliki nilai Specific Absorption Rate (SAR) yang biasanya dicantumkan pada manual ponsel. Nilai SAR menunjukkan intensitas energi radio frequency (RF) dalam satuan watt yang dapat diserap oleh tubuh. Semakin rendah nilai SAR maka akan semakin baik. Untuk itu usahakan untuk membeli ponsel yang memiliki nilai SAR yang rendah.
( dari berbagai sumber )