Kamis, 29 Juli 2010

Perbandingan Tinta Original dengan Tinta Refill

Dalam pengalaman kami selama lebih dari 5 tahun mengelola studio foto, penggunaan tinta menjadi aspek yang sangat penting dalam menentukan keberlangsungan usaha foto studio, berikut ini contoh perbandingan berdasar pengalaman kami dan kami ambil juga dari beberapa sumber :

1.Kalau dilihat dari segi kualitas cetakan baik itu berupa dokumen teks maupun gambar atau foto, sudah tentu kualitas hasil cetakan yang dimiliki tinta asli atau original akan jelas lebih bagus dan tajam jika dibandingkan dengan anda memakai atau menggunakan produk tinta refill atau isi ulang.

2. Ada banyak orang beranggapan bahwa dengan membeli tinta refill atau isi ulang akan membuat kita lebih irit atau hemat terutama dalam jumlah cetakan yang dihasilkan nantinya.
Anda jangan sampai terjebak dengan pernyataan tersebut karena pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, berdasarkan survey dan test yang dilakukan oleh perusahaan independen terkemuka di asia pasifik bahwa ternyata hasil yang dapat dicetak oleh sebuah tinta asli (merk tertentu) adalah sebanyak 2,4 kali lebih banyak dari 14 merk tinta refill yang ada di pasaran Asia Pasifik.

3. Perbandingan kualitas tinta refill dan tinta asli yang lainnya adalah terletak pada daya tahan hasil cetakan itu sendiri, jika anda memakai tinta original atau asli maka sudah jelas daya tahan hasil cetakan bisa mencapai dua kali lipat dari hasil cetakan tinta refill atau isi ulang (terutama untuk hasil cetakan berupa gambar atau foto).

4. Kemampuan untuk terus-menerus menggunakan tinta original menjadi pertanda bahwa studio foto tersebut mampu dan berusaha menjaga mutu & kualitas serta memuaskan pelanggan. Anda bisa mempromosikan hal ini sebagai diferensiasi atau pembeda dengan studio foto lain.

5. Untuk usaha studio foto sekaligus percetakan disarankan untuk memakai printer lebih dari satu, artinya adalah khusus untuk mencetak foto sangat disarankan menggunakan tinta original, sedang untuk urusan ketikan atau yang lain tak apalah menggunakan tinta refill.

Tetapi bila anda sudah berniat memutuskan untuk membeli tinta refill atau isi ulang, tidak ada salahnya juga anda membaca tips tentang bagaimana Ciri Tinta Refill Aman Untuk Cartridge supaya anda tidak kecewa di belakang setelah anda memutuskan untuk membelinya. Masih banyak informasi mengenai perbandingan kualitas tinta refill dan tinta asli yang bisa anda cari di internet sebagai bahan referensi atau tambahan informasi yang berguna.