Rabu, 06 Oktober 2010

Berusaha Menjadi Wirausahawan

Profesi wirausahawan kini mulai menjadi cita-cita banyak orang. Namun, mendapatkan profesi ini tentu tak mudah. Kebiasaan perilaku semasa belajar pun dapat memengaruhi tingkat kesuksesan pada masa depan. Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat diperhatikan.

Pertama, rajin mengikuti organisasi-organisasi semasa sekolah. Menjadi bagian dari sebuah organisasi akan membantu Anda belajar bagaimana membentuk sebuah sistem yang terpadu. Di tempat inilah Anda dapat belajar bagaimana cara menyusun dan menjalankan sebuah organisasi. Hal ini penting untuk dipelajari sebab seorang wirausahawan nantinya akan memimpin sebuah usaha atau organisasi.

Kedua, Anda harus memiliki jaringan yang luas. Menjalin hubungan baik dengan pengajar atau dosen akan membantu Anda mengembangkan karier pada masa depan. Selain itu, Anda pun sebaiknya memperluas jaringan teman sebanyak-banyaknya. Semakin luas jaringan teman yang Anda miliki, semakin luas pula kesempatan untuk membuka usaha.

Ketiga, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai bisnis dan akuntansi. Membangun sebuah usaha tentu memerlukan perhitungan dan konsep yang matang. Selain berbekal ilmu yang dipelajari di kuliah, Anda tentu perlu memahami prinsip-prinsip bisnis dan akuntansi. Itu karena ke depannya, Anda harus membuat rencana keuangan yang jelas agar modal dapat kembali dan untung dapat segera diperoleh.
Selain itu, sebaiknya Anda pun menguasai dasar-dasar pemasaran. Hal ini sangat berguna ketika Anda akan mengenalkan dan memasarkan sebuah usaha yang akan Anda kembangkan.

Keempat, harus memiliki daya kreatif yang tinggi. Sebuah usaha muncul dari sebuah ide yang brilian. Agar ide yang brilian tersebut dapat diolah dengan tepat, tentu dibutuhkan kreativitas yang tinggi. Untuk membuat sebuah usaha yang sukses, prinsip utamanya adalah membuat sesuatu yang lain daripada yang lain. Oleh sebab itu, asah terus kreativitas Anda dengan cara peka terhadap berbagai hal di sekitar Anda. Selamat menjadi wirausahawan.


source : KOMPAS.com